Friday, April 1, 2011

mid sm*shter

me, avi dana at 8:56 AM
selamat pagi,april :)
jadilah bulan baik,sebagaimana yang slalu aku doain buat kebaikan bulan ini. sadar,this month could be the most beautiful month of the year,but with the same level of possibility,could be the most miserable month of the year. smoga saya diberi yang terbaik saja O:)

oke,jangan protes dulu knapa judulnya (ahem) begitu. aku bukan sm*sh blast. itu kmaren bcandaan sama anak-anak kelasku (sunkiss sepuluh delapan :D) yang pada benci setengah mati (atau cinta sebenernya aku gatau. kami histeris kalo ad sm*sh tapi gatau histeris hater ato lover. taulah benci beda tipis sama cinta.) sama boyband tersebut. jadideh plesetan mid sm*shter. wakaka :P

mid ini,bener-bener ancur seperti yang sudah saya katakan berkali-kali sebelumnya. tapi saya ada beberapa hal (memberi tips diri sendiri) buat ngadepin midtest ini.

persiapan mid sm*shter ala avi B)



1.self clearing
hapus smua masalah pribadi dari kepala,terutama yang ga berhubungan sama midtest. masalah yang paling sering anda pikirkan (atau saya pikirkan juga) itu ga jauh-jauh dari masalah cinta (lebay tapi nyata),masalah keluarga (dituntut nilai yang ngawu-awu),masalah fisikal (mikirin diet,rambut kering,kuku jelek) dan masalah ga penting lainnya. kalo susah ngehapus pikiran itu,gimana caranya jadiin itu motivasi. misalnya tuntutan nilai,jadiin aja itu target buat nilai rata-rata mid. pokoknya hadepin mid ini kudu dengan otak bersih. (Y)

2.tau materi
ga lucu kan kalo blajar bab 5-6 ternyata yang diujikan bab 7-8? mati gaya banget. jadi paling engga,tau dulu materi tesnya. masalah dipelajari ato engga itu urusan ntar. yang penting ada bayangan soal yang kluar bakal bekisar tentang apa. baca sekilas,ga usah muluk-muluk dibaca berkali-kali. smakin banyak yang kamu masukin ke kepala,semakin susah fokus. jadi,lebih baik skarang aku cari contekan bahan tes deh. -.-

3.bikin jadwal
penting banget managing waktu. ga cuma kek biasanya managing waktu makan-tidur-belajar. ini kudu serius ngatur kapan belajar buat materi pertama,kapan belajar buat materi kedua. misalnya,pulsek mau belajar materi 2 dulu,trus tidur siang dari jam 4 sampe jam stengah 6,baru malem blajar materi 1. atau hal-hal sejenis seperti itu. pokoknya ada bayangan deh minimal 2 hari ke depan mau ngapain aja.

4.doa
banyak-banyakin doa,apalagi kalo kamu tipe-tipe orang males kek aku. mungkin standar banget ya berdoa. tapi serius itu bisa bantu banyak. kalopun bukan doanya terkabul,paling engga itu bisa bikin damai hati dulu. kalo udah berdoa tu rasanya optimis Tuhan ngebantuin entah dalam wujud apapun. pokoknya jangan lupa doa deh. (Y)

5.be affirmative
positive thinking emang susah. menurut prinsip saya,positif thinking ga ngasih buah yang lebih baik dari negative thinking. untung-ruginya sama aja. tapi saat-saat mid kek gini,think positive jauh lebih baik. optimis dan percaya itu modal utama. harus optimis kalo kita bisa,harus percaya sama kemampuan diri kita sendiri. otak einstein yang jenius gitu aja ga bekerja 100% loh. brarti kitapun kalo bisa berusaha maksimalin otak kita sampe 60% aja itu udah jenius banget. so,ga perlu persiapan nyontek dan ga ada alasan buat pesimis kan?

6.egois
saat-saat genting dan serius gini,perlu juga sifat-sifat egois. ga usah mikir bakal dianggep sombong dan semacamnya. haters are secret lovers. tapi bukan egois terus gamau belajar bareng lho ya. itu sih bego -.-. belajar bareng tetep. berbagi materi tetep. tapi ya kalo pas tesnya jangan nyontek (ini bener-bener tobat. semasa sd-smp kerjaanku nyontek terus :3). trus kalo dimintiai tolong pergi ke mana gitu ya jangan mau. kalo malem diajak shop juga jangan kegoda. egois,ini waktu pentingmu. think that this test belongs to you,not others.

7.maju ke depan
jangan bahas tes yang udah lewat. kalo udah dikerjain ya udah,fokus buat berikutnya. ga usah tanya tadi jawabannya apa. itu cuma bikin kita down dan mikir terus. udah dikerjain yaudah,toh gabisa dibenerin lagi kalo kita udah tau jawabannya juga. jadi,maju ke depan. tinggal doa tunggu hasil ;)

8.kalo niat
belajar kalo niat aja. kalo ga niat,atau feel lagi ga oke,ga akan ada gunanya kita belajar. mending kalo gitu,kita jalan aja sama orang yang lagi belajar dan dengerin yang dia pelajari. jadi kita ga perlu capek belajar pake otak sendiri,tapi kita ada modal minimal buat bayangin soal-soal besoknya. intinya,gausah maksa. segala yang berlebihan itu ga baik.

9.kondisikan
kalo aku lebih suka kondisi sepi,maksimal ada musik pelan,makanan berjarak 2 meter,kopi jarak 50 cm,air putih di sebelah kopi,komputer + internet di depan mata siap bantu,buku lengkap di sebelah kiri,buku yang dipake di atas meja lengkap dengan kertas calon ringkesan,dan yang pasti hape jarak 10 meter silent (dicek satu jam sekali).
cara ngitung tingkat konsentrasi » kalo skitarmu rame tapi kamu ga ngeh lagi pada ngapain,itu brarti kamu cukup konsentrasi

10.seneng
everything you do is great when you love what you're doing. :)

jadi,happy mid sm*shter! have a blast! ┐('⌣'┐) (┌'⌣')┌

0 comments:

Post a Comment

 

Fabulous As I Am Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos