Wednesday, March 2, 2011

Sekolah. Sekolah?

me, avi dana at 9:58 AM
coba dinalar sekali lagi. sebenernya sekolah itu buat apa sih?

sekolah itu buat nyari ilmu,nyari pengetahuan buat bekal masa depan. biar masa depan cerah dan bersinar sampe pensiun sampe mati. biar bisa diturunkan ke anak-cucu. biar bisa menerapkan ilmu di kehidupan sehari-hari. apapun itu,intinya buat cari ilmu dan sejenisnya.
itu 'katanya'.

'nyatanya'?
gimana sih hari"mu d skolah? cari apa sebenernya? beneran cari ilmu ato cari temen? beneran cari ilmu ato cari nilai?

oke. cari temen bisa di mana aja. ga sekolah pun,temen d sekitar rumah banyak. ato kalo lagi jalan",bisa aja ketemu orang terus klop terus jadi deh temenan. walopun ga bisa dipungkiri juga,temen" kita mesti lebih banyak di sekolah. jadi anggep aja 'cari temen' itu fungsi sekunder sekolah.

back to topic. apa tujuan kamu sekolah? bukan mau mengritik ato mencela,ato kalo bisa dibilang memuji juga boleh,cuma mau menyampaikan pikiran yang selama ini ngganjel. sekolah itu lebih ke 'cari nilai' daripada ke 'cari ilmu'. gatau sih. kadang" aku juga ga setuju sama pendapatku ini sendiri. tapi gimanapun kalo dipikir" lagi,emang bener kok.

kamu belajar trigonometri,misalnya. kalo tujuanmu emang buat cari ilmu,sekarang apa penerapanmu di kehidupan sehari"? mungkin ini berguna buat kamu" yang mau masuk jurusan arsitektur dan sejenisnya. tapi kalo kamu mau masuk jurusan musik,apa perlu juga ngitung segitiga yang dibentuk oleh tutup piano? perlu,mungkin. bagi mereka yang emang ingin tau.

liat lagi. kita belajar buat apa? kalo aku ditanyain kek gini,aku sih jawabnya (dengan jujur) biar nilainya bagus. ga pernah kepikiran di kepalaku buat jawab biar aku bisa menerapkan di kehidupanku. diliat juga,kalo ulangan. semua orang mengkhalalkan segala cara biar nilainya bagus (menurut penglihatanku sih,aku juga). eh,bukan nyontek lho ya btw. walopun aku cukup berpengalaman dan ahli juga dalam strategi contek mencontek,tapi aku ga suka nyontek (eciegue). usahaku di sini,contohnya,tanya soal ke kelas lain yang udah ulangan. hmm,sama" curang sih. tapi ini lebih berkelas sepertinya B)

terus nih terus. ada yang bilang sekolah itu buat cari masa depan. nah. gmana caranya cari masa depan? pake ujian kan? kalo nilai ujianmu jelek,masa depanmu gimana? jelek juga kan? belom tentu sih. faktor keberuntungan juga berpengaruh. tapi logika umumnya kan gitu. nah itu (lagi") lebih ke 'cari nilai'.

tapi sekarang emang semua orientasi jadi ke nilai. mau daftar perusahaan A minimal S1. perusahaan B minimal S2. nah buat ke S1 S2 S3 itu butuh nilai juga. butuh duit juga sih sebenernya. tapi ada duit ga ada nilai ga bisa juga.

jadi intinya,menurutku,sekolah itu cuma buat nyari nilai. kalo mau cari ilmu doang sih,ga usah sekolah,belajar sendiri juga bisa (pede tapi bener).

bukannya aku mau protes tentang tujuan sekolah. bukannya mau bilang sekolah itu ga berguna. cuma mau meluruskan pernyataan mengenai perubahan tujuan utama sekolah (eciegue). salah. cuma mau berpendapat tentang pernyataan mengenai perubahan tujuan utama sekolah.

jadi,sebenernya sekolah itu buat apa sih?

0 comments:

Post a Comment

 

Fabulous As I Am Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos